Bisnis

Studi Kelayakan Bisnis Dalam Rangka Pendirian What’s Upwards Cafe

Studi kelayakan marketing sendiri merupakan analisis menyeluruh tentang salahsatu calon usaha dalam akan kita jalankan. Mencakup aspek hukum, ekonomi, keuangan, sosial budaya, bahkan kawasan. Hasil dari analisis ini adalah kesimpulan apakah usaha ini layak atau gak kita jalankan. Melalui aspeknya yang menyeluruh dan analisis dalam lengkap, maka studi kelayakan bisnis merupakan hal penting dalam ikut menentukan kejayaan suatu usaha. Tindak Studi kelayakan ialah sebuah konsep pengembangan tertulis yang berisi rincian dari gambaran bisnis tersebut contohnya perencanaan keuangan, pengelolaan, pengembangan, teknologi, peralatan, target capaian, taktik pemasaran. Rencana marketing menguraikan arah, manfaat dan strategi perusahaan untuk jangka pendek, menengah dan panjang.

Aspek manajemen memiliki cakupan yang sangat luas, mulai dari manajemen sumber daya manusia hingga manajemen finansial perusahaan. Semua hal yang terkait dengan trik operasional perusahaan menghasilkan dijalankan termasuk di aspek manajemen pada studi kelayakan marketing. Evaluasi aspek kuangan biasanya dilakukan sesudah evaluasi aspek ~ aspek lain sudah dilakukan. Selama evaluasi aspek ini dihitung perkiraan jumlah nilai yang diperlukan, baugs untuk pengadaan pernanaman modal proyek atau pekerjaan maupun kebutuhan nilai modal kerja pokok. Menurut Siswanto Sutojo aspek keuangan sendiri adalah rencana pernanaman modal proyek yang dianggap juga ilmu pembiayaan investasi proyek ataupun capital budgeting. Sedangkan menurut sofyan analisis aspek keuangan merupakan kegiatan melakukan penilaian dan penentuan satuanrupiah terhadap aspek-aspek dalam dianggap layak untuk keputusan yang diterapkan dalam tahapan analisis usaha.

studi kelayakan bisnis

Pada aspek internal perusahaan terdapat beberapa aspek pendukung yang berkaitan dengan kinerja dari perusahaan, seperti aspek pemasaran, aspek teknis dan teknologi, aspek SDM, aspek manajemen, aspek keuangan, serta aspek ekonomi dan budaya. Dalam aspek hukum dan legalitas berkaitan oleh perizinan secara lawful untuk keberadaan cara tersebut didirikan. Arah terhadap dampak kawasan menjadi analisis yg penting, karena di dalam setiap usaha yg akan dijalankan intinya mempunyai dampak kepada lingkungan sekitar. Matorral kuliah Studi Kelayakan Bisnis membahas analisis dan penilaian kelayakan suatu bisnis beralaskan berbagai aspek marketing, sehingga mahasiswa meraih menilai kelayakan salahsatu bisnis serta meraih menyusun proposal studi kelayakan bisnis. Topik-topik yang dipelajari meliputi analisis aspek hukum, sosial, ekonomi, serta budaya; aspek ocurrir dan pemasaran, arah teknis dan teknologi, aspek manajemen, arah lingkungan, aspek mulighed, dan aspek ekonomi. Hidroponik merupakan salah satu konsep pertanian modern yang berpotensi untuk dikembangkan, terlebih oleh masyarakat Bengkayang yang belum terlampau mengenal sistem pertanian ini. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui seberapa besar kelayakan usaha hidroponik dikelola dan dijalankan dalam jangka waktu panjang yang dilihat dari aspek keuangan.

Alat analisis yg digunakan dalam penelitian ini adalah analisis usaha berdasarkan harga PI, PP, RETURN ON INVESTMENT, NPV, IRR, serta analisis risiko. Keuntungan analisis kelayakan menunjukan usaha ini pantas untuk direalisasikan, sesuatu tersebut salah satunya ditunjukan dengan analisa aspek keuangan yg menghasilkan nilai PROFESSIONAL INDEMNITY yang lebih dri 1, nilai PP yang kurang dri 3 tahun. Memiliki 4 aspek bernilai yang menjadi aspek pendukung pembuatan laporan studi kelayakan marketing. Penilaian aspek ocurrir penting karena bukan ada proyek marketing yang sukses tanpa permintaan barang / jasa yang dihasilkan oleh proyek. Secara umum analisa aspek pasar diperuntukkan untuk mengetahui seberapa besar permintaan pasar dan juga pangsa pasar yang ada. Pembahasan aspek studi kelayakan dimulai dengan aspek pasar dan pemasaran.

Analisis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan alat bantu software Microsoft excel yang dibuat dalam bentuk tabel, dengan tujuan agar memudahkan dalam mengklasifikasi data kuantitatifnya. Kriteria dalam kelayakan investasi usaha hidroponik ini menggunakan beberapa aspek keuangan seperti Net Present Value, Net Benefit/Cost (Net B/C), Internal Rate Return, dan Payback Period.

CV. Yeye group merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang usaha kuliner produksi dan penjualan makanan cepat saji dengan membuka beberapa usaha yang yaiut mie ramen, batagor, baso, ayam bakar, dan lain-lain. Cara baru yang pada rencanakan oleh perusahaan adalah membuat pabrik dan memasarkan kue.

Penelitian ini mendapatkan hasil dengan menggunakan analisis finansial sesuai dengan aspek keuangan sebagai berikut NPV sebesar 9. 706. 160, Net B/C sebesar 1, 3, IRR sebesar 25%. Dan hasil Payback Period menunjukkan bahwa jangka waktu pengembalian investasi/modal yaitu 1 tahun 8 bulan 14 hari. Keseluruhan unsur di arah terangkum dalam sebuah analisis yang dianggap studi kelayakan marketing.

Karena dalam studi kelayakan akan berbicara aspek-aspek yang berhubungan dengan bisnis tersebut. Aspek yang umum dibahas dalam studi kelayakan seperti aspek hukum, aspek lingkungan, aspek teknis, aspek ekonomi, aspek pasar, aspek sosial dan aspek keuangan. Aspek pasar sering ditempatkan pada urutan pertama kegiatan studi kelayakan proyek atau usaha, hal tersebut dilakukan karena bilamana tidak ada pasar yang menyerap hasil produksi, maka seyogyanya maka rencana investasi dibatalkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Studi Kelayakan Bisnis terhadap pengembangan usaha kecil, studi pada usaha keripik pisang Alami, Desa Murni Jaya Kabupaten Tulang Bawang Barat. Untuk menjawab pertanyaan ini penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Aspek manajemen dalam studi kelayakan bisnis menyangkut pada pembangunan dan pengembangan operasional perusahaan.